ohgreat.id-Jawaban Ayo Berpikir Kritis halaman 13 Pertumbuhan Eksponen Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 13. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 1 Eksponen dan Logaritma. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Pertumbuhan Eksponen
Kurva di atas adalah salah satu kurva yang menunjukkan pertumbuhan eksponen, di mana tingkat pertumbuhan berbanding lurus dengan besarnya nilai kuantitasnya. Contoh yang lainnya adalah pertumbuhan bakteri di mana pada fase-fase selanjutnya bakteri tentu akan semakin banyak jumlahnya.
Fungsi pertumbuhan eksponen dituliskan dengan: f(x) = a pangkat x(ax) dengan a > 1
Sekarang mari kita lihat beberapa contoh berikut ini.
Contoh 3
Untuk mengamati pertumbuhan suatu bakteri pada inangnya, seorang peneliti mengambil potongan inang yang sudah terinfeksi bakteri tersebut dan mengamatinya selama 5 jam pertama. Pada inang tersebut, terdapat 30 bakteri. Setelah diamati, bakteri tersebut membelah menjadi dua setiap 30 menit.
1. Modelkan fungsi pertumbuhan bakteri pada setiap fase.
2. Gambarkan grafik pertumbuhan bakteri tersebut.
3. Pada jam ke-5 berapa banyak bakteri baru yang tumbuh?
Alternatif Penyelesaian:
1. Pada awal pengamatan, bakteri yang diamati berjumlah 30 sehingga untuk 30 menit berikutnya dapat digambarkan pertumbuhan bakterinya sebagai berikut Misalkan x adalah fase pertumbuhan bakteri setiap 30 menit, maka
Untuk x = 0, banyak bakteri = 30
Dan x = 1, banyak bakteri = 60
Untuk x = 2, banyak bakteri = 120 = 2².30;
x = 3, banyak bakteri = 240 = 2³.30;
Untuk x = 4, banyak bakteri = 480 = 2⁴.30;
Pertumbuhan bakteri dapat dimodelkan dengan fungsi eksponen f(x) = 30.(2 pangkat x )
2. Grafik fungsi eksponen pertumbuhan bakteri f(x) = 30.(2 pangkat x) dapat digambarkan sebagai berikut.
Gambar 1.4 Grafik Fungsi f(x) = 30.(2 pangkat x)
3. Jam ke-5 terjadi pada fase ke-10 (ingat kembali pembelahan terjadi setiap 30 menit), sehingga:
Jadi banyak bakteri yang tumbuh pada jam ke-5 atau fase ke-10 adalah 30.720 bakteri.
Ayo Berpikir Kritis
Jika banyak bakteri pada awal pengamatan adalah 50, 100, dan 200, bagaimana kalian memodelkan pertumbuhan bakteri tersebut?
Jawaban:
Jika banyak bakteri di awal adalah 200, maka pertumbuhan bakterinya dimodelkan dengan fungsi f(x) = 50.(2 pangkat x).
Apabila banyak bakteri di awal adalah 100, maka pertumbuhan bakterinya dimodelkan dengan fungsi f(x) = 100.(2 pangkat x).
Jika banyak bakteri di awal adalah 50, maka pertumbuhan bakterinya dimodelkan dengan fungsi f(x) = 200.(2 pangkat x).
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***