Konsep Bisnis

Sebab-Sebab Keberhasilan Bisnis

ohgreat.id –Sebab-Sebab Keberhasilan Bisnis. Menurut Ebert & Griffin (2015), terdapat empat faktor utama yang menjadi penyebab keberhasilan bisnis, yaitu:

a. Kerja keras, motivasi, dan dedikasi
Pengusaha memiliki kewajiban untuk mencapai keberhasilan melalui kerja keras dan dedikasi tinggi. Mereka juga rela meluangkan waktu dan usaha untuk mewujudkan tujuan bisnis.

b. Permintaan pasar
Keberhasilan bisnis dipengaruhi oleh permintaan pasar atas barang dan jasa yang disediakan. Oleh karena itu, pengusaha harus mampu menganalisis kondisi pasar dan menangkap peluang yang ada.

c. Kompetensi manajerial
Kemampuan manajerial sangat penting dan dapat diperoleh melalui latihan, pengalaman, serta pembelajaran dari keahlian orang lain.

d. Keberuntungan
Meskipun sulit diukur, keberuntungan kadang menjadi faktor pendukung keberhasilan bisnis.

Indikator Keberhasilan Bisnis

Menurut Ferrell et al. (2011), bisnis yang berhasil atau sehat adalah bisnis yang mampu menghasilkan keuntungan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Indikator keberhasilan bisnis antara lain:

a) Kinerja keuangan (laba)
Laba diperoleh dari produktivitas, yaitu selisih antara pendapatan dari barang/jasa yang diberikan kepada konsumen dan biaya produksinya. Produktivitas menunjukkan hubungan antara output dan sumber daya yang digunakan.

b) Pemenuhan kebutuhan pelanggan
Bisnis harus mampu menyediakan layanan dan produk yang dibutuhkan konsumen tepat waktu. Pelayanan kepada konsumen harus terus berlanjut karena kebutuhan dan harapan konsumen terus berkembang.

c) Kualitas produk dan jasa
Kualitas dan nilai produk atau jasa merupakan inti dari bisnis. Oleh karena itu, harus selalu dilakukan perbaikan secara berkelanjutan.

d) Inovasi dan kreativitas
Inovasi merupakan hasil dari kreativitas, yakni cara berpikir dan berperilaku yang baru dan berbeda. Kreativitas mendorong terciptanya pendekatan-pendekatan baru dalam bisnis.

e) Komitmen karyawan
Perusahaan yang sehat membangun komitmen karyawan dengan memberikan otoritas, kewenangan, dan kepercayaan untuk mengambil keputusan. Pimpinan yang memahami kinerja dan kebutuhan karyawan akan mendorong terciptanya loyalitas dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas.

Scroll to Top