Jawaban Eksplorasi 5.1 halaman 127 Sistem Persamaan Linear Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Eksplorasi 5.1 halaman 127 Sistem Persamaan Linear Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 127. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 5 Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Eksplorasi 5.1

Ayo Bereksplorasi

Gambar 5.2 Bola Basket

Dalam olah raga basket, menghasilkan ada tiga macam nilai . Lemparan bebas yang masuk bernilai 1, lemparan dari dalam daerah bernilai 2, dan lemparan dari luar daerah bernilai 3. Wijaya mencetak nilai 27 dalam sebuah pertandingan. Ia memasukkan bola 16 kali ke dalam keranjang dengan 6 di antaranya berupa lemparan bebas.

Tentukan berapa kali ia mencetak masing-masing angka.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan dengan teman-temanmu: Bagaimana kalian menyelesaikan masalah ini?

1. Salah satu strategi yang dapat kalian gunakan adalah tebak dan perbaiki. Tebak, hitung nilainya. Jika bukan 27, perbaiki tebakan kalian.

Jawaban:

Untuk strategi coba dan perbaiki, dorong siswa untuk berani mencoba, kalau salah, perbaiki tebakan. Ulangi sampai mendapat hasil yang sesuai. Berikut ini contoh tabel yang sudah diisi.

2. Tuliskan strategi lain yang kalian coba.

Jawaban:

Mungkin ada siswa yang menyadari bahwa ini adalah sistem persamaan linear dua variabel (dengan substitusi nilai a = 6 )

Jika b menyatakan banyaknya lemparan bernilai 2 angka

dan c menyatakan banyaknya lemparan bernilai 3 angka

maka

2b + 3c = 21
b + c = 10

Sistem persamaan linear tersebut dapat diselesaikan dengan metode eliminasi maupun substitusi untuk mendapatkan nilai b = 9 dan c = 1 .

Ayo Berpikir Kritis

Apakah strategi yang berbeda menghasilkan jawaban yang sama? Mengapa?

Jawaban:

Metode berbeda menghasilkan jawaban yang sama karena permasalahannya memang sama.

 

Pada bagian eksplorasi, biarkan siswa mencoba dan tidak dituntut pasti mendapatkan jawabannya. Tampung semua usul dan uji apakah memenuhi permasalahan yang diberikan.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Selanjutnya jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *