ohgreat.id-Jawaban Lembar Aktivitas 4 Aktivitas Kelompok Halaman 74 Amati Usaha Kecil Menengah Yang Berkembang Ilmu Pengetahuan Soial SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Soial SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka TEMA 02: KEMAJEMUKAN MASYARAKAT INDONESIA. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
KEMAJEMUKAN MASYARAKAT INDONESIA
Lembar Aktivitas 4 Aktivitas Kelompok
1. Bentuklah kelompok dengan masing-masing empat anggota!
2. Amati ada pabrik atau usaha kecil menengah yang berkembang di daerah tempat tinggal kalian!
3. Lakukan wawancara dengan pemilik usaha tersebut tentang produk yang dengan:
a. nama usaha
b. deskripsi produk
c. proses produksi
d. konsumen dari produk
e. pemasaran produksi
f. proses distribusi dari produk tersebut
4. Dokumetasikan kegiatan kalian dalam bentuk foto dan video tentang proses produksi dan pemasaran produk tersebut!
5. Tuliskan hasil wawancara dalam bentuk laporan dan susunlah sebuah presentasi yang berupa power point!
6. Presentasikan hasil pekerjaanmu di depan kelompok lain.
Jawaban:
a. Nama usaha
Opak Gulung Masitong
b. Deskripsi produk
Opak gulung merupakan makanan khas daerah yang telah ada sejak lama. Selanjutnya, untuk ciri khas dari kue opak ini ialah rasanya yang manis serta renyah serta memiliki bentuk yang sangat tipis serta di kreasikan oleh pembuat
c. Proses produksi
Kemudian, untuk proses produksinya, opak gulung akan di buat oleh para pekerja dengan berbagai macam bentuk. Jam produksi di mulai dari jam 5 pagi sampai dengan jam 10 pagi dengan hasil produksi mencapai 40 bungkus.
Oleh karena itu, komposisi yang di gunakan sama seperti pembuatan opak biasanya. Produksi di mulai dengan membuat adonan, mencetaknya pada cetakan di atas api dan di gulung sesuai dengan keinginan.
Lalu akan di lakukan pengemasan dan juga pelabelan pada bungkus opak agar terlihat lebih bagus. Pekerja yang di butuhkan dalam proses produksi ialah 4 orang dengan 2 orang pencetak dan 2 orang pembungkus.
d. Konsumen dari produk
Adapun target konsumen pada usaha ini ialah masyarakat umum, karena opak gulung ini di sukai oleh semua kalangan.
e. Pemasaran produksi
Selanjutnya untuk pemasaran produk tentunya di lakukan secara offline dengan mengirimkan ke berbagai toko terutama toko oleh-oleh yang ada di daerah dengan tujuan agar dapat mencapai akses yang lebih luas.
Selain itu pemasaran via online juga di lakukan agar opak gulung bisa di nikmati dan di kenal dengan masyarakat banyak.
f. Proses distribusi dari produk tersebut
Kemudian, proses distribusi di lakukan dengan cara melalui pekerja yang biasanya akan di kirimkan menggunakan mobil atau bahkan motor.
Selanjutnya, memang tak jarang pembeli bisa langsung ke tempat produksi untuk bisa mengangkut barang secara langsung.
Dokumetasi kegiatan
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***