ohgreat.id-Jawaban Rajin Berlatih Halaman 23 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam Menjaga Kehidupan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 8 halaman 23. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 1 Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan
Rajin Berlatih
I. Berilah Tanda Silang (X) pada huruf A, B, C, atau D pada jawaban yang paling tepat.
1. Perhatikan kutipan ayat berikut!
(1) ظَهَرَ الْفَسَادُ
(2) فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ
(3) رِزْقًا لَّكُمْ
(4) عَلٰى ظُهُوْرِه
Bacaan ra tarqīq pada kutipan tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: C. (2) dan (3)
2. Perhatikan kutipan ayat berikut!
(1) وَاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُم ۚ
(2) وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِى الْبَحْرِ بِاَمْرِهٖ ۚ
(3) اَللُّٰ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ
(4) وَسَخَّرَ لَكُمُ الْاَنْهٰرَ
Urutan bacaan Q.S .Ibrahim 32 : 14 yang benar adalah….
A. (1) – (2) – (3) – (4)
B. (2) – (4) – (1) – (3)
C. (3) – (1) – (2) – (4)
D. (4) – (2) – (3) – (1)
Jawaban: C. (3) – (1) – (2) – (4)
3. Perhatikan kutipan potongan ayat berikut ini!
لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا
Pernyataan berikut yang merupakan makna dari kutipan Q.S. ar-Rum/30: 41 tersebut adalah ….
A. terdapat banyak kerusakan alam baik di darat maupun di laut
B. manusia merasakan dampak kerusakan yang diperbuatnya
C. kerusakan alam disebabkan karena keserakahan manusia
D. kerusakan alam dikarenakan eksploitasi yang berlebihan
Jawaban: B. manusia merasakan dampak kerusakan yang diperbuatnya
4. Perhatikan pernyataan berikut!
“Allah menciptakan binatang tunggangan agar dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk melakukan perjalanan”
Kutipan ayat berikut yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah ….
A. ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ
B. وَاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُم
C. وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِى الْبَحْرِ بِاَمْرِهٖ ۚوَسَخَّرَ لَكُمُ الْاَنْهٰر
D. ِتَسْتَوٗا عَلٰى ظُهُوْرِهٖ ثُمَّ تَذْكُرُوْا نِعْمَةَ رَبِّكُمْ اِذَا اسْتَوَيْتُمْ عَلَيْهِ
Jawaban: C. وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِى الْبَحْرِ بِاَمْرِهٖ ۚوَسَخَّرَ لَكُمُ الْاَنْهٰر
5. Perhatikan hadis nabi berikut!
مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا, أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيْمَةٌ إِلاّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ(رواه البخارى)
Perilaku berikut yang sesuai dengan hadis tersebut adalah ….
A. memiliki pohon asuh di sekolah
B. membuang sampah pada tempatnya
C. tidak menggunakan plastik sekali pakai
D. memisahkan sampah organik dan unorganik
Jawaban: A. memiliki pohon asuh di sekolah
6. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Kerusakan alam dan lingkungan selalu terjadi dari waktu ke waktu
(2) Manusia dapat memanfaatkan alam sebagai sumber kehidupan
(3) Manusia merupakan pelaku dan aktor utama kerusakan alam
(4) Allah Swt. menciptakan alam sebagai rizki untuk manusia
Pernyataan yang terdapat pada Q.S. ar-Rum/30: 41 terdapat pada nomor ….
Jawaban:
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: B. (1) dan (3)
7. Perhatikan contoh perilaku berikut!
(1) Andi selalu membawa botol minuman sendiri untuk bekal air minum di sekolah
(2) Arman selalu memilih membeli nasi yang dibungkus daun pisang pada waktu sarapan di kantin sekolah
(3) Siti membeli air minum kemasan botol plastik dan membuang sampahnya ke tempat sampah unorganik
(4) Dyah meminum segelas jus buah segar menggunakan sedotan plastik, setelah selesai ia membuang sedotannya ke tempat sampah
Perilaku yang termasuk menjaga dan melestarikan alam terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: A. (1) dan (2)
8. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1) Manusia dapat memanfaatkan binatang sebagai sarana transportasi
(2) Banyak manusia yang tidak bersyukur dengan merusak alam
(3) Alam menyediakan semua sumber kehidupan bagi manusia
(4) Allah menciptakan alam sebagai rizki bagi manusia
Pernyataan yang terdapat pada Q.S. Ibrahim/14: 32 terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: D. (3) dan (4)
9. Perhatikan contoh teknologi berikut!
(1) Kincir air bertenaga angin untuk irigasi
(2) Bendungan untuk mengairi lahan pertanian
(3) Kapal bermesin diesel untuk menangkap ikan
(4) Pompa air berbahan bakar minyak untuk irigasi
Teknologi yang ramah lingkungan dan tidak merusak alam terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: A. (1) dan (2)
10. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Alam merupakan nikmat yang diberikan Allah Swt. kepada manusia
(2) Manusia bisa memanfaatkan binatang sebagai sarana transportasi
(3) Manusia merasakan dampak kerusakan yang diperbuatnya
(4) Manusia berbuat melebihi batas dengan merusak alam
Pernyataan yang terdapat pada Q.S. az-Zukhruf/43:13 terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: A. (1) dan (2)
II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar!
1. Q.S. ar-Rum/30:41 dijelaskan bahwa telah tampak kerusakan di laut dan di darat sebagai akibat dari perbuatan manusia. Apa maksudnya? Jelaskan!
Jawaban:
Sebagian akibat buruk dari perusakan alam itu dirasakan secara langsung oleh manusia. Bencana yang berdampak pada kesengsaraan dan penurunan kualitas hidup manusia pada dasarnya bersumber dari ketidakmampuan manusia dalam menghargai dan mensyukuri alam ciptaan Allah Swt. dengan membiarkannya rusak dan tidak terjaga.
2. Q.S. Ibrahim/14:32 dijelaskan bahwa alam ini diciptakan sebagai rizki untuk umat manusia. Apa maksudnya? Jelaskan
Jawaban:
Semua ciptaan Allah Swt adalah rezeki untuk umat manusia sehingga manusia tinggal dimanfaatkan sebagai sumber makanan untuk keberlangsungan hidup umat manusia.
3. Apa maksud ungkapan “Agar kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya” dalam Q.S. Az-Zukhruf/43:13? Jelaskan!
Jawaban:
Manusia dapat memanfaatkan hewan, baik sebagai sumber makanan maupun sebagai alat transportasi untuk mendistribusikan sumber-sumber makanan melalui jalur darat.
4. Mengapa Islam memberikan perhatian yang besar terhadap kelestarian alam dan lingkungan?
Jawaban:
Karena kelestarian alam dan lingkungan dapat membawa kelangsungan hidup yang seimbang dan merata bagi seluruh umat manusia dan sebagai upaya membimbing manusia untuk mensyukuri rezeki dari Allah Swt.
5. Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk, kebutuhan terhadap sumber makan juga bertambah. Karena itulah masyarakat menggunakan teknologi mesin untuk meningkatkan produksi dan distribusi bahan makanan. Namun mesin yang memerlukan bahan bakar fosil menyebabkan produksi emisi karbon meningkat sehingga menyebabkan polusi udara.
Bagaimana pendapatmu terhadap persoalan ini? Bagaimana caranya agar kebutuhan sumber makanan terpenuhi tanpa menimbulkan polusi?
Jawaban:
Sangat disayangkan karena dapat merusak keseimbangan alam. Caranya adalah dengan mengembangkan dan menggunakan teknologi ramah lingkungan
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***