Jawaban Review Bab halaman 41 Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Review Bab halaman 41 Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 halaman 41. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Review Bab

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk melatih mengingat kembali pemahaman kalian akan materi yang telah dipelajari pada Bab 1 ini.

1. Ada enam cabang utama ilmu Sains, yaitu Astronomi, Biologi, Fisika, Kimia, Geologi dan Ekologi. Sebutkan fokus masing-masing cabang ilmu tersebut.

Jawaban:

Enam cabang utama Ilmu Sains

a. Astronomi: tata surya

b. Biologi: mempelajari makhluk hidup

c. Fisika: mempelajari gejala dan fenomena alam, sifat benda-benda

d. Kimia: zat atau materi dan perubahannya

e. Geologi: bumi dan perubahannya

f. Ekologi: interaksi makhluk hidup dengan lingkungan

2. Identifikasikan lima hal yang akan menimbulkan masalah keselamatan di laboratorium IPA dalam gambar berikut ini. Berikan alasan kalian mengapa hal tersebut menjadi masalah.

Gambar 1.22 Suasana di laboratorium.

Jawaban:

Hal yang akan menimbulkan masalah keselamatan di Laboratorium IPA

a. Berlarian di laboratorium bisa membahayakan karena ada kemungkinan menyenggol orang yang sedang membawa bahan kimia.

b. Mengarahkan tabung reaksi ke wajah ketika memanaskan cairan di dalamnya.

c. Tidak menggunakan jas lab, kacamata pengamat, dan sarung tangan.

d. Mencampurkan bahan kimia tanpa instruksi guru.

e. Rambut yang panjang tidak diikat ketika menggunakan api. Rambut bisa terbakar dengan mudah.

f. Bercanda di laboratorium, sama dengan berlarian di laboratorium.

3. Apakah nama alat-alat laboratorium di bawah ini? Terbuat dari bahan apakah alat-alat tersebut dan apa saja kegunaan alat-alat itu? Tuliskan jawaban kalian dengan lengkap.

Gambar 1.23 Beberapa alat laboratorium

Jawaban:

Alat-Alat Laboratorium

a. Gelas kimia terbuat dari gelas atau plastik, yang berguna untuk mencampur atau memanaskan bahan kimia.

b. Tabung reaksi terbuat dari gelas atau kaca, yang berguna untuk memanaskan atau mencampur bahan kimia dalam jumlah sedikit.

c. Cawan porselen terbuat dari keramik, yang berguna untuk menguapkan cairan dalam suatu campuran.

d. Gelas ukur terbuat dari gelas atau plastik, yang berguna untuk mengukur volume cairan.

e. Corong terbuat dari gelas atau plastik, yang berguna untuk menyaring campuran.

f. Labu Erlenmeyer terbuat dari gelas atau kaca, yang berguna untuk mencampur atau memanaskan bahan kimia.

g. Termometer terbuat dari gelas dan air raksa, yang berguna untuk mengukur suhu.

h. Kaki tiga terbuat dari logam, yang berguna untuk menopang alat lain dalam proses pemanasan.

4. Apakah perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan? Sebutkan masing-masing dua contoh.

Jawaban:

Besaran pokok adalah besaran yang dijadikan dasar untuk menetapkan besaran lain. Contohnya adalah massa, waktu, suhu, dan panjang.

Besaran turunan adalah besaran yang ditetapkan dari besaran pokok. Contohnya luas, kecepatan, volume, dan gaya.

5. Tuliskanlah hasil pengukuran di bawah ini disertai dengan satuannya yang benar

Gambar 1.24 Beberapa pengukuran alat laboratorium.

Jawaban:

Hasil Pengukuran

a. 41 derajat celcius

b. 220 ml

c. 17,4 cm

d. 100 g

6. Berdasarkan gambar di bawah ini, tentukan volume batu.

Gambar 1.25 Pengukuran volume batu.

Jawaban:

volume batu = 40 – 20 = 20 ml

7. Bagas, Raffen, Nyongki dan Daniel ingin mengetahui apakah waktu untuk mendidihkan air akan lebih cepat apabila airnya diberikan garam terlebih dahulu atau tidak. Bantulah mereka:

a) menentukan tujuan percobaan

Jawaban:

tujuan percobaannya adalah menyelidiki pengaruh penambahan garam pada waktu mendidihnya air.

b) menentukan variabel-variabel dalam percobaan mereka

Jawaban:

Variabel-variabel dalam percobaan

1) variabel bebas: jumlah garam yang ditambahkan

2) variabel terikat: waktu mendidihnya air

3) variabel kontrol: jumlah air yang digunakan, wadah yang digunakan

c) tuliskan langkah-langkah kerja/ prosedur mengerjakan percobaan ini.

Jawaban:

Langkah-langkah kerja/ prosedur

a. Menyiapkan dua wadah berisi air dengan volume sama

b. Memberikan garam pada salah satu wadah

c. Menyalakan kompor dan timer

d. Mengukur suhu air pada kurun waktu tertentu

e. Mencatat waktu air mendidih pada masing-masing wadah

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *