Jawaban Eksplorasi Matematika halaman 210 Isu-Isu Lingkungan Menggunakan Fungsi Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Eksplorasi Matematika halaman 210 Isu-Isu Lingkungan Menggunakan Fungsi Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 8 halaman 210. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Matematika Lanjut. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Eksplorasi Matematika

Isu-Isu Lingkungan Menggunakan Fungsi

Grafik 1 menyajikan perbedaan suhu udara dari rata-rata suhu tahunan (selisih dari suhu normal) di Jepang dari 1989 hingga 2013. Meskipun beberapa kondisi memengaruhi suhu udara, dapat dikatakan bahwa perubahannya sepanjang di atas garis a . Jadi, terdapat kecenderungan pemanasan global.

Grafik 1. Perbedaan Suhu Rata-Rata Tahunan di Jepang

Catatan

Perhitungan perbedaan suhu rata-rata tahunan di Jepang berdasarkan pengamatan di 17 tempat di seluruh wilayah negeri ini. Di sini, rata-rata suhu udara selama 30 tahun dari 1981 hingga 2010 digunakan sebagai suhu normal.

1. Berapa besar peningkatan temperatur yang dapat kamu baca pada grafik selama 100 tahun antara tahun 1900 dan 2000 di negeri Jepang?

Jawaban:

Jika membaca dari grafik A, naik sekitar 1,1°C menjadi 1,2°C.

2. Mari kita diskusikan hal lain apa saja yang dapat didiskusikan berdasarkan grafik.

Jawaban:

(Contoh)

a. Dalam 20 tahun terakhir, ada banyak tahun di mana suhu lebih tinggi daripada biasanya.

b. Pada tahun 1990-an, fluktuasi suhu rata-rata tahunan besar.

Terdapat banyak teori dan pendapat tentang penyebab pemanasan global. Secara umum, dikatakan bahwa peningkatan dari emisi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida (CO²) adalah penyebab utamanya.

Grafik 2 menunjukkan perbedaan suhu rata-rata tahunan di Tokyo (Otemachi, Chiyoda) antara 1989 dan 2013. Di wilayah perkotaan seperti Tokyo, “Efek Pulau-Panas”, di mana suhu di wilayah perkotaan lebih tinggi daripada suhu di daerah pedesaan sekitarnya, telah terjadi. Penyebabnya adalah peningkatan jumlah emisi panas karena pertumbuhan populasi dan peningkatan penggunaan energi, serta akumulasi panas dalam beton dan aspal.

Grafik 2. Suhu Rata-Rata Tahunan di Tokyo

3. Mari kita selidiki hal-hal berikut berdasarkan Grafik 2.

(1) Mari kita baca suhu rata-rata tahunan antara 1900 dan 2000.

Jawaban:

a. Tahun 1900… 13,6° C

b. Tahun 2000… 16,9° C

(2) Misalkan b sebuah garis yang menunjukkan perubahan suhu dan y suhu rata-rata tahunan dalam x tahun setelah 1900. Nyatakan y dalam x sebagai sebuah persamaan.

Jawaban:

Jika kita baca koordinat 1900 dan 2000 suhu rata-rata tahunan pada garis lurus b, nilainya adalah.(0; 13,4), (100; 16,3).

Jika kita cari rumus garis lurus (b) maka,

y = 0,029x + 13,4

Melihat kembali pada pembelajaran fungsi linear, saya ingin dapat menerapkan apa yang telah saya pelajari dalam peristiwa konkret. Di sini, metode berikut dapat kita pertimbangkan.

〈Metode 1〉

Titik potong 13,4 kita peroleh dari garis lurus yang melewati (0; 13,4). Selain itu, karena meningkat 16,3 – 13,4 = 2,9 (°C) dalam 100 tahun, yaitu dari tahun 1900 hingga 2000, maka kita peroleh kemiringan 0,029.

〈Metode 2〉

Kita buat persamaan simultan untuk a dan b, dengan substitusi (0; 13,4) dan (100; 16,3) masing-masing untuk x dan y dari y = ax + b. Setelah selesai, kita cari gradien a dan titik potong b.

(3) Andaikan perubahan suhu rata-rata tahunan yang kita selidiki di 1 adalah sebuah fungsi linear. Berapa suhu yang kita harapkan pada tahun 2050 di Tokyo?

Jawaban:

Karena 2050 adalah 150 tahun setelah 1900, gantikan x = 150 ke dalam persamaan di atas, maka

y = 0,029 × 150 + 13,4 = 17,75

Dengan demikian, suhu diperkirakan akan mencapai sekitar 17,8° C pada tahun 2050.

Data cuaca masa lalu di setiap wilayah Jepang dapat dibaca di “data dan dokumen” pada laman website Badan Meteorologi Jepang. Mari kita cari perubahan suhu rata-rata tahunan di wilayahmu dan buatlah grafiknya.

[Japan Meteorology Agency Data and Documents http://www.jma.gp.jp/jma/menu/report.html]

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *