Jawaban Mari Kita Periksa halaman 77 Bab 3 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Mari Kita Periksa halaman 77 Bab 3 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 8 halaman 30. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Fungsi Linear. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Mari Kita Periksa

1. Fungsi Linear

Sebuah pegas memiliki panjang 30 mm. Misalkan panjang pegas adalah y mm ketika anak timbangan seberat x gramdipasang di ujung pegas. Tabel berikut merangkum hubungan antara x dan y.


Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

(1) Bagaimana perubahan panjang pegas bila berat berubah naik tiap 1 gram?

Jawaban:

Memanjang 0,4 mm per gram

(2) Nyatakan y dalam x menggunakan suatu persamaan.

Jawaban:

y = 0,4x + 30

Penjelasan:

Peserta didik dapat memahami bahwa tingkat perubahan pada (1) adalah konstan. Jadi, y adalah fungsi linear dari x. (2) dapat memperolehnya dari persamaan kata-kata berikut, (panjang pegas) = (panjang awal) + (panjang peregangan pegas). Peserta didik juga dapat memperoleh persamaan linear dengan menggunakan nilai di tabel

2. Tingkat Perubahan

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut terkait fungsi linear y = 1/2x – 2.

(1) Nyatakan tingkat perubahannya.

Jawaban:

1/2

(2) Carilah banyaknya peningkatan y ketika banyaknya peningkatan dalam x adalah 6.

Jawaban:

3

(3) Gambarlah grafik tersebut pada gambar di bawah ini.

Jawaban:

Penjelasan:

Pada soal (2), jika nilai x bertambah 1, maka nilai y bertambah 1/2, sehingga jika nilai x bertambah 6, maka nilai y dapat kita cari, yaitu

1/2× 6 = 3

Dari persamaan yang diberikan, peserta didik dapat menentukan tingkat perubahan, yaitu 1/2. Kemudian, peserta didik dapat menggunakan rumus:

(banyak perubahan y)/(banyak pertambahan x) = 1/2 = 3/6

Pada Soal (3), peserta didik dapat menggambar grafik dari kemiringan dan intersep y yang diketahui dari persamaan. Peserta didik perlu memperhatikan khususnya pada sumbu x, apakah (4, 0) telah dilewati oleh garis atau tidak.

3. Bagaimana Cara Menemukan Persamaan Garis?

Carilah persamaan-persamaan garis-garis berikut.

(1) Garis a seperti pada gambar sebelah kanan.

Jawaban:

y = –3/2x + 3

(2) Garis yang melalui titik (–1, 0) dan memiliki kemiringan 3.

Jawaban:

y = 3x + 3

(3) Garis yang melalui titik (–2, 4) dan titik (5, –3).

Jawaban:

y = –x + 2

Penjelasan:

Persamaan untuk Soal (2) dan (3) dapat kita cari dengan perhitungan. Setelah itu, berharap peserta didik memastikannya dengan menggambar grafiknya.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *