Jawaban Cara Menggambar Grafik Fungsi Linear halaman 72 Bab 3 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Cara Menggambar Grafik Fungsi Linear halaman 72 Bab 3 Fungsi Linear Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 8 halaman 72. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Bab 3 Fungsi Linear. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Bagaimana Cara Menggambar Grafik Fungsi Linear?

Grafik dari perbandingan senilai dan fungsi linear adalah berupa garis. Kita dapat menggambar grafik fungsi linear dengan menentukan 2 titik berdasarkan kemiringan dan intersepnya.

Contoh 1

Gambarlah grafik dari fungsi linear y = – 1/2x + 3.

Cara

Karena intersep y adalah 3, maka grafik akan melalui titik (0, 3) pada sumbu y. Juga, karena gradiennya adalah – 1/2, maka kita dapat, misalnya, mulai dari titik (0, 3) bergerak 2 satuan ke arah kanan dan 1 satuan ke arah bawah, sehingga sampai di titik (2, 2). Grafik akan melewati titik ini.

Penyelesaian

Soal 10

Gambarlah grafik dari tiap fungsi linear berikut pada bidang sebelah kiri.

(1) y = 2x – 1

(2) y = –x + 3

(3) y = 2/3x + 2

(4) y = –3/4x – 2

Jawaban:

Penulisan Grafik Fungsi Linear Peserta didik sudah dapat membuat tabel dan membuat grafik fungsi linear dengan beberapa titik. Peserta didik juga sudah memahami bahwa grafik fungsi linear berupa garis. Mengharapkan Peserta didik  dapat menyimpulkan bahwa cukup dengan 2 titik, maka sudah bisa membuat garis.

Di sini, grafik fungsi linear membuatnya dengan menetapkan 2 titik berdasarkan kemiringan dan titik potong sumbu y. Mengingatkan Peserta didik  kembali bahwa di kelas VII sudah membahas tentang bagaimana menentukan titik awal dan satu titik lainnya pada grafik perbandingan senilai.

Metode menggambar grafik dengan menentukan dua titik dibahas pada Buku Siswa halaman 80.

Contoh 1

Dengan menentukan 2 titik berdasarkan kemiringan dan titik potong sumbu y, maka peserta didik akan memahami bahwa mereka dapat membuat grafik secara efektif. Perhatikan bahwa kemiringan dianggap – 1/2 = –1/2
.
Soal 10

Saat menggambar grafik di kertas, mungkin terjadi sedikit kesalahan. Untuk mencegah hal ini, lebih baik memisahkan dua titik satu sama lain untuk mengurangi kesalahan. Selain itu, setelah menggambar grafik, instruksikan peserta didik untuk memeriksa apakah grafik melewati titik yang seharusnya dilewati.

Konfirmasikan bahwa harus menganggap (1) kemiringan 2 = 2/1, dan (2) kemiringan –1 = –1/1

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *