ohgreat.id-Jawaban Evaluasi halaman 64 Tema 01 Sejarah Indonesia Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Kelas 10 halaman 64. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Tema 01 Sejarah Indonesia. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Evaluasi
Jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini sebagai evaluasi untuk mengetahui pemahaman kalian dari bagian ini.
A. Soal pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang paling benar pada soal di bawah ini!
1. Karya Herodotus yang diakui sebagai historiografi adalah
a. Sejarah Perang Dunia
b. Sejarah Masyarakat Viking
c. Sejarah Perang Persia
d. Sejarah Masyarakat Tunisia
Jawaban: C. Sejarah Perang Persia
2. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!
Sejarah Museum Nasional
Keberadaan museum nasional berawal sejak tanggal 24 April 1778, ketika pemerintah Hindia Belanda mendirikan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) yaitu lembaga independen yang memiliki tujuan memajukan penelitan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Inspirasi dari pendirian BG terjadi sejak tahun 1752 di Belanda ketika berkembang perkumpulan ilmiah Belanda. Lalu pendiri BG yaitu JCM Radermacher memberikan rumahnya yang beralamatkan di Jalan Kalibesar untuk menyimpan berbagai koleksi benda budaya dan buku sehingga dapat berkembang menjadi museum dan perpustakaan. Ketika masa pemerintahan Inggris pada tahun 1811-1816, Gubernur Sir Thomas Stamford menjabat sebagai direktur perkumpulan ilmiah dan memindahkan koleksi di gedung baru yang terletak di Jalan Majapahit.
Gambar 1.20 Halaman dalam Museum Nasional, Jakarta
Sumber: Gunawan Kartapranata/ Wikimedia Commons/ CC-BY 3.0 (2009)
Selanjutnya pada tahun 1862, pemerintah Hindia Belanda membangun gedung museum baru yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 untuk menyimpan barang-barang koleksi museum yang terus bertambah. Pada tahun 1868 museum sudah dibuka untuk masyarakat umum. Pada tahun 1871 Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand berkunjung ke museum ini dan memberikan hadiah patung gajah perunggu. Museum nasional juga disebut sebagai museum gajah dikarenakan patung gajah yang terdapat di depan gedung museum. Pada masa Indonesia merdeka, BG berubah menjadi Lembaga Kebudayaan Indonesia pada tahun 1950 yang bertujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan tentang Indonesia. Lalu pada tanggal 28 Mei 1979 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, museum ini ditetapkan sebagai Museum Nasional.
Artikel disarikan dari Profil Museum Nasional.
Sumber: museumnasional.or.id/tentang-kami/profil
Perhatikan linimasa di bawah ini, untuk menemukan jawaban yang tidak benar!
Jawaban: C. 1862 Kunjungan Raja Thailand
3. Yang bukan ciri khas dari historiografi tradisional adalah
a. Berpusat pada kehidupan istana
b. Berpusat pada sejarah daerah tertentu
c. Berpusat pada agama
d. Berpusat pada Eropa
Jawaban: D. Berpusat pada Eropa
4. Perhatikan gambar Prasasti Gajah Mada di bawah ini!
Gambar 1.21. Prasasti Gadjah Mada.
Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id/munas/4933-2/ (2020)
Prasasti tersebut merupakan sumber sejarah sebagai
a. Data primer
b. Data sekunder
c. Data tersier
d. Data pelengkap
Jawaban: A. Data primer
5. Bacalah artikel di bawah ini dengan cermat!
Seorang siswa hendak melakukan penelitian sejarah mengenai daerahnya. Maka dia mengunjungi museum dan mempelajari arsip yang terkait dengan sejarah daerahnya. Selain itu dia juga melakukan wawancara dengan pelaku sejarah yang masih hidup untuk memperkuat sumber sejarah penelitiannya.
Tahapan penelitian sejarah yang dilakukan oleh siswa tersebut adalah
a. Heuristik
b. Kritik dan verifikasi
c. Interpretasi
d. Historiografi
Jawaban: A. Heuristik
B. Soal Esai
Jawablah pertanyaan dengan baik dan benar!
1. Jelaskan mengapa ilmu sejarah bersifat diakronis dan sinkronis?
Jawaban:
Karena fokus kajian sejarah adalah mempelajari berbagai peristiwa yang terjadi pada masa lampau sehingga dengan bersifat diakronis dan sinkronis akan menjelaskan dan menganalisis mengenai manusia dalam waktu dan ruang dari suatu peristiwa sejarah. Hal ini akan membantu proses interpretasi dan penjelasan yang sesuai untuk merekonstruksi pembuktian sejarah berdasarkan sumber sejarah yang telah melalui proses kritik dan verifikasi.
2. Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer?
Jawaban:
Karena keberadaan arsip yang tercipta pada waktu yang bersamaan ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi. Arsip sebagai bukti dan rekaman untuk menginformasikan suatu peristiwa sehingga arsip menjadi salah satu sumber sejarah primer.
3. Mengapa manusia menjadi dimensi penting dalam sejarah?
Jawaban:
Karena manusia dalam sejarah adalah penggerak sejarah dengan segenap ide dan tindakan yang dilakukan dalam suatu peristiwa bersejarah. Selain itu, manusia juga menjadi pelaku dan saksi sejarah ketika suatu peristiwa bersejarah terjadi.
4. Jelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman kalian tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari? Sertakan dengan dua contoh!
Jawaban:
Sejarah mempunyai fungsi yakni pengetahuan yang dijadikan sebagai media untuk mengetahui fakta serta peristiwa yang terjadi di masa lampau.
Manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari diantara yaitu :
a. Bermanfaat untuk memperkuat rasa nasionalisme
Nasionalisme yakni mencintai bangsa dan negara, cara penerapannya yaitu misalnya dengan patuh terhadap hukum yang berlaku serta mencintai budaya dan bangsa.
b. Bisa bermanfaat sebagai sumber rekreasi dan inspirasi
Bermanfaat sebagai sumber rekreasi maksudnya yakni kita bisa melihat ke masa lampau dengan melalui imajinasi kita dan juga sebagai sumber inspirasi yaitu kita bisa mendapatkan inspirasi yang juga bisa kita teladani melalui kisah – kisah kepahlawanan para tokoh pahlawan terdahulu.
5. Menurut pendapat kalian, mengapa terdapat bias sejarah?
Jawaban:
Bias sejarah adalah hal yang sulit dihindari dalam penulisan sejarah. Karena terdapat berbagai faktor misalnya beragam sumber sejarah, kondisi politik dan kondisi sosial-budaya suatu masyarakat. Biasanya terjadi pada peristiwa sejarah yang dianggap kontroversial sehingga terdapat beragam versi bagaimana sejarawan menafsirkan sejarah.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***