ohgreat.id-Jawaban Ayo Berlatih Halaman 38 Proses Replikasi Virus Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas materi Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 halaman 38. Bacaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 2 Virus dan Peranannya. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Ayo Berlatih
Setelah Kalian belajar tentang replikasi virus, cobalah jawab pertanyaan berikut.
1. Urutkanlah proses tahapan proses replikasi virus berikut.
Dilihat dari tahapannya, siklus apakah yang terjadi?
Jawaban:
Urutan tahapannya adalah tahap pelekatan, penetrasi, sintesis, perakitan dan sel
Siklus yang terjadi adalah siklus Lisis
2. Identifikasilah persamaan dan perbedaan siklus litik dan lisogenik dengan menggunakan diagram venn berikut.
Jawaban:
Siklus Litik:
a. Sel inang pecah.
b. Dilakukan saat ketahanan sel inang lemah.
Siklus Lisogenik:
a. Sel inang tidak pecah.
b. Materi genetik virus diwariskan ke sel anakan sel inang.
c Dilakukan saat ketahanan sel inang tinggi.
Persamaan: melalui tahap pelekatan dan penetrasi.
3. Berikut adalah penggalan berita hoax atau bohong tentang bagaimana virus corona memperbanyak diri.
Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan. Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus. Itulah mengapa kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.
a. Berdasarkan paragraf tersebut, pernyataan mana sajakah yang benar?
Jawaban:
Pernyataan yang benar: Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus.
b. Menurut Kalian, kegiatan laboratorium manakah yang dapat membuktikan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi virus?
Apa alasan Kalian menyatakan benar atau salah?
Jawaban:
1) Mengamati di bawah mikroskop elektron sel kulit tangan yang terpapar virus corona dan sel kulit tangan yang telah dicuci dengan sabun. Jawaban: Salah
2) Membandingkan jumlah yang tertular Covid-19 antara kelompok orang yang tidak mencuci tangan dan yang selalu mencuci tangan setelah kontak dengan penderita Covid-19. Jawaban: Benar
3) Mencampur virus corona dengan air sabun kemudian mengecek strukturnya di bawah mikroskop elektron. Jawaban: Benar
Alasan: Untuk menguji adanya keberhasilan dalam penggunaan sabun dalam mengurangi infeksi virus corona, dapat dilakukan dengan membandingkan jumlah yang terkena Covid-19 antara kelompok orang yang mencuci tangan dengan yang tidak ataupun melihat struktur virus yang telah mengalami kontak dengan sabun untuk melihat apakah sabun efektif merusak struktur virus sehingga peluang untuk menginfeksinya kecil. Virus corona tidak menyerang sel kulit tangan, sehingga kurang tepat untuk mengobervasinya di bawah mikroskop elektron.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***