Jawaban Frekuensi Relatif halaman 241 Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Frekuensi Relatif halaman 241 Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 7 halaman 241. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 7 Menggunakan Data. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Bagaimana Menyelidiki Kecenderungan Data

Frekuensi Relatif

Siswa mampu membandingkan kumpulan-kumpulan data yang banyaknya data berbeda.

Q. Tabel di sebelah kanan menunjukkan banyaknya siswa yang posisi tangkap penggarisnya paling sedikit 8 cm dan kurang dari 9 cm di antara 31 siswa Kelas VIIA dan di antara 124 siswa kelas VII. Dapatkah kita menyimpulkan bahwa banyak siswa kelas VIIA datanya lebih pendek dibandingkan seluruh siswa kelas VII?

Jawaban:

Perbandingan untuk 8 cm atau lebih dan kurang dari 9 cm adalah

Kelas VII A…3 : 31 = 0,096

Murid kelas VII …7 : 124 = 0,056

Oleh karena itu, dapat kita katakan bahwa banyak orang yang rekornya pendek pada kelompok kelas VII A.

Pada Tabel 4, data posisi tangkap penggaris siswa Kelas VIIA dan siswa kelas VII secara keseluruhan tersusun dalam tabel distribusi frekuensi. Selanjutnya berdasarkan Tabel 4, terdapat 3 siswa Kelas VIIA dan 7 siswa dari seluruh siswa kelas VII yang masuk dalam interval kelas “paling sedikit 8 cm dan kurang dari 9 cm.” Banyaknya siswa kelas VIIA adalah 31 orang, dan banyaknya seluruh siswa Kelas VII adalah 124 orang. Tidak masuk akal jika kita membandingkan frekuensinya. Jadi, kita bandingkan rasionya terhadap banyaknya siswa Kelas VIIA, 3 : 31 = 0,096….

Adapun untuk seluruh siswa kelas VII, rasionya adalah 7 : 124 = 0,065… Artinya, rasio banyaknya siswa dalam interval kelas “paling sedikit 8 cm dan kurang dari 9 cm”, maka siswa Kelas VIIA mempunyai rasio lebih besar dibandingkan dengan rasio siswa kelas VII secara keseluruhan. Hasil bagi frekuensi kelas dibandingkan frekueansi total disebut frekuensi relatif kelas.

Frekuensi relatif adalah frekuensi kelas dibagi frekuensi total

Frekuensi relatif untuk setiap kelas VIIA pada Tabel 4 kita hitung dan kita bulatkan dua angka di belakang koma, maka kita peroleh Tabel 5. Tabel seperti ini disebut tabel distribusi frekuensi relatif.

Catatan : Jumlah frekuensi relatif sama dengan 1. Dalam pembulatan sampai 2 desimal, ketika desimal kedua adalah 0 , maka ditulis 0.

1. Berdasarkan Tabel 4 di halaman 241, hitunglah frekuensi relatif setiap kelas untuk keseluruhan siswa kelas VII, bulatkan sampai dua angka. Tuliskan pada Tabel 5 di kolom terakhir.

Jawaban:

Secara berurutan dari atas tabel, 0,06, 0,10, 0,31, 0,35, 0,11, 0,03, 0,02, 0,02, total 1,00

2. Jawablah 1 dan 2 berdasarkan tabel 5.

(1) Untuk siswa Kelas VIIA dan untuk keseluruhan siswa Kelas VII, manakah rasio yang lebih besar untuk kelas “paling sedikit 10 cm dan kurang dari 11 cm”?

Jawaban:

Kelas VIIA…0,29 Murid kelas VII…0,31

Maka, murid kelas VII lebih banyak

(2) Untuk siswa Kelas VIIA dan untuk keseluruhan siswa Kelas VII, manakah rasio yang lebih besar untuk posisi tangkap penggaris kurang dari 10 cm?

Jawaban:

Kelas VII A…0,10 + 0,23 = 0,33

Murid kelas VII…0,06 + 0,10 = 0,16

Maka, Kelas VII A lebih banyak

3. Distribusi frekuensi relatif data siswa Kelas VIIA pada Tabel 5 disajikan dalam grafik frekuensi garis pada Gambar 7. Nyatakanlah distribusi frekuensi relatif data seluruh siswa kelas VII menggunakan grafik frekuensi garis, gambarlah pada Gambar 7.

Jawaban:

Akhirnya dari penyelidikan kita sejauh ini, frekuensi relatif sering kita gunakan untuk membandingkan data yang sama namun memiliki frekuensi total yang berbeda.

4. Berdasarkan Tabel 5 dan Gambar 7, bandingkanlah distribusi data Kelas VIIA dengan data seluruh siswa Kelas VII. Identifikasi persamaan dan perbedaannya.

Jawaban:

Kesamaan (contoh)

a. Jangkauan data hampir sama.
b. Ada satu puncak.

Perbedaan (contoh)

a. Puncak distribusi adalah 10 cm atau lebih dan kurang dari 11 cm pada kelompok kelas 1 A, dan 11 cm atau lebih dan kurang dari 12 cm pada kelompok kelas 1.
b. Distribusi siswa kelas 1 lebih terkonsentrasi di sekitar modus daripada distribusi kelompok kelas 1 A.

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Selanjutnya jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *