ohgreat.id-Jawaban Apa hubungan antara dua besaran? halaman 90 Persamaan Linear Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 7 halaman 88. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 2 Aljabar. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Apa hubungan antara dua besaran?
Permen dan uang logam 100 rupiah kita letakkan pada kotak. Tini, Yudi, Yuni, dan Tomi masing-masing mengambil secara acak segenggam permen dan uang logam 100 rupiah dari kotak. Selanjutnya banyaknya permen dan uang yang mereka dapatkan ditunjukkan sebagai berikut.
1. Sebuah timbangan digunakan untuk membandingkan berat permen dan uang logam pecahan 100 rupiah yang diperoleh setiap anak. Selanjutnya hasilnya ditunjukkan berikut ini.
Jawaban:
Tomi
Ini adalah masalah kemampuan membaca informasi yang akan siswa gunakan dengan menganalisis informasi secara akurat. Selanjutnya untuk itu, saya ingin menekankan kegiatan yang berhubungan dengan menjelaskan dan berkomunikasi antara satu sama lain.
Sebagai variasi pendekatan untuk menjelaskan, beberapa siswa diharapkan berpikir secara berurutan (1 – 2 – 3 – 4) dan yang lainnya akan berpikir langsung pada timbangan (4). Ada kemungkinan bahwa beberapa siswa akan menemukan bahwa timbangan (3) tidak diperlukan untuk menyelesaikan masalah. Selanjutnya, ada kemungkinan juga untuk merancang dengan cara menyajikan diagram timbangan dan membiarkan siswa berpikir tentang informasi lain yang dibutuhkan setelah melihat penjelasan dari timbangan (4).
2. Jika berat sebutir permen adalah x g, dan berat satu keping uang logam 100 rupiah adalah 1 g, maka dari pernyataan matematika pada 1 mana yang dapat dipakai untuk menentukan berat 1 permen? Selanjutnya bagaimana cara kita menentukan beratnya?
Jawaban:
(4)
(Contoh)
a. Merapkan nilai yang sesuai untuk berat satu permen dalam satuan gram. Selanjutnya tentukan menjadi 4g.
b. Berfokus pada keseimbangan dari timbangan, lalu keluarkan dua koin 100 rupiah dan satu permen dari masing-masing piringan tersebut, yang mengarah pada fakta bahwa dua permen memiliki berat 8 g.
Akhirnya di sini juga, saya ingin menekankan kegiatan menjelaskan dan mengomunikasikan. Selanjutnya, pertama-tama, siswa memperhatikan bahwa untuk mendapatkan berat satu permen, harus memilih timbangan (4) yang dalam keadaan seimbang.
Setelah itu, siswa membagi ke dalam beberapa kelompok kecil dan membiarkan masing-masing kelompok berpikir dengan bebas. Selanjutnya, dengan membandingkan hubungan antara (2) dan (4), perlu sama-sama pastikan bahwa jawabannya tidak dapat kita putuskan sebagai jawaban tunggal jika dalam keadaan tidak seimbang, tetapi dapat putuskan sebagai satu jawaban jika dalam keadaan seimbang.