Jawaban Soal Menggunakan Aljabar dengan Huruf halaman 82 Menyederhanakan Bentuk Aljabar Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

ohgreat.id-Jawaban Soal Menggunakan Aljabar dengan Huruf halaman 82 Menyederhanakan Bentuk Aljabar Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMP Kelas 7 halaman 82. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Bab 2 Aljabar. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???

Menyederhanakan Bentuk Aljabar

Menggunakan Aljabar dengan Huruf

Q. Pada soal di halaman 60 dan 61, Yuni dan Heru menyusun kalimat matematika berikut ini untuk menentukan banyaknya lidi yang mereka perlukan membentuk empat persegi.

(1) Jelaskan ide di balik kalimat matematika yang diajukan Yuni dan Heru.

Jawaban:

Pemikiran Yuni

Karena ada 5 lidi yang tersusun vertikal dan 4 lidi yang disusun secara horizontal dalam 2 baris maka jumlah sedotannya adalah 5 + 4 × 2

Bisa  kita hitung seperti itu.

Pemikiran Heru

Ada 4 pasang 4 kotak. Namun, karena setiap kotak memiliki satu sisi yang tumpang tindih dan hanya tiga yang tumpang tindih, jumlah sedotannya adalah 4 × 4 – 3

Bisa kita hitung seperti itu.

(2) Dengan menggunakan ide Yuni dan Heru, tentukan banyaknya lidi yang mereka perlukan untuk membentuk 10 persegi.

Jawaban:

Pemikiran Yuni
11 + 10 × 2 = 31 Jadi, 31 lidi

Pemikiran Heru
4 × 10 – 9 = 31 Jadi, 31 lidi

1. Kita akan membuat bentuk aljabar menentukan banyaknya lidi yang diperlukan untuk menyusun persegi menggunakan ide Heru dan Yuni. Selanjutnya jJelaskan bagaimana membuat bentuk aljabar dengan mengisi [] dengan bilangan atau kalimat matematika yang sesuai.

Jawaban:

Agar sesuai dengan penjelasannya, a + 1, a, 2a

2. Dengan menggunakan ide Yuni dan Heru, selanjutnya jelaskan bagaimana membuat bentuk aljabar berikut ini.

Kalimat matematika 4a – (a – 1)

Jawaban:

Terdapat sebanyak a buah persegi yang tersusun dari lidi. Namun, setiap persegi memiliki satu sisi yang tumpang tindih, dan banyaknya lidi yang tumpang tindih adalah (a – 1), jadi jumlah lidinya adalah 4a – (a – 1)

Dapat kita hitung seperti itu

3. Dengan menggunakan ide Yuni dan Heru, banyaknya lidi yang mereka perlukan untuk menyusun a persegi dapat dinyatakan sebagai

Sederhanakanlah kalimat matematika Heru, kemudian bandingkan dengan bentuk aljabar Yuni.

Jawaban:

Bentuk aljabarnya akan menjadi 1 + 3a

4. Beberapa segitiga digabungkan dengan sisi menghadap ke bawah dan ke atas menggunakan lidi yang panjangnya sama. Perhatikan gambar di bawah ini. Berapa banyak lidi kita perlukan untuk membuat a segitiga? Pikirkan beberapa cara menggunakan bentuk aljabar untuk menghitungnya.

Jawaban:

5. Apa keuntungan menggunakan bentuk aljabar dalam mencari banyaknya lidi yang dibutuhkan? Rangkumlah hasil pemikiranmu sambil mengingat kembali apa saja yang telah kamu pelajari sejauh ini.

Jawaban:

Kita dapat mengungkapkan aturan secara ringkas dan menyampaikannya kepada siswa dengan cara yang mudah kita pahami.

 

 

Disclaimer:

1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya

2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama

3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain

*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *