ohgreat.id-Jawaban Eksplorasi 8.2 halaman 226 Aturan Penjumlahan Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Matematika SMA/SMK Kelas 10 halaman 226. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Matematika SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 8 Peluang. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Eksplorasi 8.2
Dalam matematika, kata “atau” berarti “salah satu atau kedua-duanya”. Maka, kejadian bahwa seorang siswa menggunakan sepeda atau menggunakan motor ke sekolah termasuk semua hasil berikut:
a. Siswa tersebut dapat menggunakan sepeda, tetapi tidak dapat menggunakan motor ke sekolah.
b. Siswa tersebut dapat menggunakan motor, tetapi tidak dapat menggunakan sepeda ke sekolah.
c. Siswa tersebut dapat menggunakan baik sepeda maupun motor ke sekolah.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan pertanyaan-pertanyaan ini dengan pasangan atau teman kelompok dan bersiap untuk mempresentasikan hasilnya.
1. Tentukan manakah dari pertanyaan berikut ini yang dapat kalian jawab dengan hanya menggunakan data dari tabel. Kemudian, jawablah pertanyaan tersebut.
a. Berapa peluang seorang siswa yang dipilih secara acak dari kelas kalian hari ini menggunakan sepeda atau motor ke sekolah?
Jawaban:
Pertanyaan ini dapat dijawab dari tabel. Tambahkan jumlah siswa yangmenggunakan sepeda dan jumlah siswa yang menggunakan motor pada tabel pertama, kemudian dibagi dengan total jumlah siswa.
b. Berapa peluang seorang siswa yang dipilih secara acak dari kelas kalian biasanya menggunakan sepeda atau motor ke sekolah?
Jawaban:
Pertanyaan ini tidak dapat dijawab dari tabel.
2. Mengapa pertanyaan lain di nomor 1 tidak dapat dijawab hanya dengan menggunakan informasi pada tabel? Informasi apa yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan tersebut?
Jawaban:
Pertanyaan 1.b. tidak dapat dijawab karena ada kemungkinan siswa yang terhitung di kedua katergori moda transportasi tersebut. Informasi yang dibutuhkan adalah berapa siswa yang menggunakan baik sepeda maupun motor.
Penjelasan Konsep dan Contoh-Contoh
Berikan penjelasan mengenai kejadian saling lepas melalui contoh tabel data yang sudah terkumpul. Kemudian minta siswa berpikir soal pada Ayo Bernalar, pertama secara mandiri, kemudian berbagi dengan pasangan atau kelompok. Minta satu siswa/pasangan/kelompok menyampaikan hasil penalaran mereka dan siswa/pasangan/kelompok lain boleh menyetujui atau tidak menyetujui serta mempertanyakan hasil yang dipresentasikan. Pastikan argumen yang tersampaikan masuk akal dan sesuai dengan pengertian dari kata “atau” dalam matematika.
Dua kejadian dikatakan saling lepas (atau disjoint) jika tidak mungkin bagi keduanya untuk terjadi pada hasil yang sama. Misalnya, perhatikan kejadian berikut ini. Manakah yang merupakan dua kejadian yang saling lepas dari contoh-contoh berikut ini?
Ayo Berpikir Kritis
Pikirkan pertanyaan ini sendiri kemudian diskusikan dengan pasangan atau anggota kelompok.
a. Melemparkan sepasang dadu dan mendapatkan jumlah 7; mendapatkan angka yang sama pada saat yang sama.
Jawaban:
Kejadian saling lepas karena tidak mungkin mendapatkan jumlah 7 dari dua angka yang sama.
b. Melemparkan sepasang dadu dan mendapatkan jumlah 8; mendapatkan angka yang sama pada saat yang sama.
Jawaban:
Kejadian tidak saling lepas karena mendapatkan jumlah 8 dapat terjadi pada saat yang bersamaan mendapatkan angka yang sama (4, 4).
c. Abi menggunakan mobil ke sekolah hari ini; Abi menggunakan kendaraan umum ke sekolah hari ini.
Jawaban:
Kejadian saling lepas karena Abi tidak mungkin menggunakan mobil dan kendaraan umum pada saat yang bersamaan (asumsi dia hanya menggunakan satu moda transportasi sekali jalan).
d. Zain menggunakan motor ke sekolah hari ini; Zain menggunakan sepeda ke sekolah.
Jawaban:
Kejadian tidak saling lepas karena keduanya dapat terjadi pada saat yang bersamaan, yaitu hari ini Zain menggunakan motor dan biasanya menggunakan sepeda.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***