ohgreat.id-Jawaban Ayo Cek Pemahaman halaman 148 Potensi Geotermal Indonesia Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka.
Kali ini, Ohgreat akan membahas jawaban Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 halaman 148. Pertanyaan ini bisa Adik-adik temukan pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA Kelas 10 Kurikulum Merdeka Bab 6 Energi Terbarukan. Pembahasan berikut bisa Adik-adik simak untuk mencocokan dengan jawaban yang telah Ohgreat kerjakan sebelumnya. Jadi, silahkan kerjakan terlebih dahulu secara mandiri ya???
Ayo Cek Pemahaman
Bacaan untuk pengerjaan soal nomor 1 sampai dengan 3.
Bacalah teks berikut ini.
Potensi Geotermal Indonesia
Gambar 6.6. Sepuluh negara peraih peringkat penghasil energi listrik terbesar dari sumber panas bumi.
Sumber: thinkgeoenergy.com/ThinkGeo Energy Research (2020)
Indonesia merupakan salah satu negara yang dilalui oleh sabuk sirkum Pasifik atau yang biasa dikenal dengan istilah Ring of Fire. Ciri-ciri daerah yang dilalui oleh sabuk sirkum pasifik adalah memiliki banyak gunung api aktif dan sering terjadi aktivitas seismik. Berdasarkan data yang tercantum pada lipi.go.id, 13% dari gunung api di dunia berada di Indonesia, yaitu sebanyak 127 gunung api, dengan 58 gunung api antaranya belum terpantau dengan peralatan seismik.
Salah satu keuntungan yang Indonesia dapatkan sebagai negara yang dilalui sabuk sirkum pasifik adalah banyaknya sumber panas bumi yang dapat bermanfaat menjadi sumber energi.
Pada akhir tahun 2019, Indonesia berhasil meraih peringkat dua sebagai negara penghasil energi listrik dari sumber panas bumi di dunia. Tercantum dalam bekasi.pikiran-rakyat.com, energi panas bumi yang telah kita manfaatkan baru 8,9% dari seluruh potensi panas bumi yang ada di Indonesia.
Bagaimana cara mengelola sumber panas bumi menjadi energi listrik? Cara kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi terdapat pada Gambar 6.7 berikut.
Gambar 6.7. Skema pembangkit listrik tenaga panas bumi.
Sumber: undip.ac.id/Agus Purnomo Adi (2014)
Zat cair dan uap panas dari sumur produksi dialirkan menuju alat yang bernama separator, tujuannya untuk memisahkan uap panas dengan zat cair yang keluar dari sumur produksi. Zat cair tersebut keluar dari separator, sementara uap panas mengalir menuju turbin.
Uap panas tersebut memutar turbin yang terhubung dengan generator. Generator merupakan alat pengubah energi gerak menjadi energi listrik. Listrik yang dihasilkan generator pembangkit dialirkan dan diolah kembali hingga dapat berguna bagi masyarakat.
Setelah uap panas melewati turbin, uap panas mengalir menuju menara pendingin untuk didinginkan. Ketika uap panas didinginkan terjadi kondensasi, sehingga uap panas berubah wujud menjadi air dan mengalir kembali pada sumur produksi.
Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Tentukanlah pernyataan berikut benar atau salah
Jawaban:
Cara pengerjaan :
Pernyataan 1
Informasi yang tersedia pada teks bacaan soal adalah “13% dari gunung api di dunia berada di Indonesia, yaitu sebanyak 127 gunung api”, sehingga cara pengerjaannya adalah sebagai berikut.
13% × jumlah gunung api di dunia = 127 gunung api
Jumlah gunung api di dunia = 127 gunung api : 13%
Jumlah gunung api di dunia = 977 gunung api
pernyataan 1 benar
Pernyataan 2
Informasi yang tersedia pada teks bacaan soal adalah “13% dari gunung api di dunia berada di Indonesia, yaitu sebanyak 127 gunung api, dengan 58 gunung api diantaranya belum dipantau dengan peralatan seismik”, sehingga cara pengerjaannya adalah sebagai berikut.
Jumlah gunung api yang sudah terpantau dengan peralatan seismik= 127–58 = 69
a. % gunung api yang sudah dipantau dengan peralatan seismik= (69/127) × 100%
b. % gunung api yang sudah dipantau dengan peralatan seismik= 54%
pernyataan 2 salah
Pernyataan 3
Prinsip kerja dinamo mobil mainan yang menggunakan baterai untuk memutar roda adalah mengubah energi listrik dari baterai menjadi energi mekanik (gerak roda mobil mainan). Teks menjelaskan bahwa uap panas bumi ini memutar turbin (ada energi mekanik) sehingga dapat menghasilkan energi listrik, sehingga prinsip kerja dinamo mobil mainan dan prinsip kerja pembangkit listrik berkebalikan.
pernyataan 3 salah
Pernyataan 4
Informasi yang tersedia pada teks bacaan soal adalah “energi panas bumi yang telah dimanfaatkan baru 8,9% dari seluruh potensi panas bumi yang ada di Indonesia”, ditunjang dengan data infografis energi listrik yangdihasilkan dari pembangkit listrik geotermal 2.133 MW telah dihasilkan Indonesia, sehingga potensi geotermal di Indonesia dapat ditentukan dengan cara sebagai berikut.
a. potensi geotermal di Indonesia × 8,9% = energi listrik yang sudah dihasilkan
b. potensi geotermal di Indonesia = energi listrik yang sudah dihasilkan : 8,9%
c. potensi geotermal di Indonesia = 2.133 MW : 8,9%
d. potensi geotermal di Indonesia = 23.966 MW
pernyataan 4 benar
2. Pada teks tersebut, penulis menyatakan bahwa “ciri-ciri daerah yang dilalui oleh sabuk sirkum pasifik adalah memiliki banyak gunung api aktif dan sering terjadi aktivitas seismik”. Pesan yang ingin disampaikan penulis pada pembaca melalui pernyataan tersebut adalah …..
a. Daerah yang dilalui oleh sabuk sirkum pasifik tidak layak dihuni.
b. Begitu banyaknya gunung api di daerah sabuk sirkum pasifik.
c. Masyarakat harus lebih waspada terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi.
d. Gempa bumi tidak akan mungkin terjadi di daerah yang tidak dilalui oleh sabuk sirkum pasifik.
Jawaban;
Masyarakat harus lebih waspada terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi.
Penjelasan: dengan mengetahui resiko tinggal di daerah sabuk Sirkum Pasifik, berharap kepada para pembaca waspada dan bersiap akan segala kemungkinan bencana yang tidak dapat kita prediksi waktunya.
3. Berdasarkan skema Gambar 6.7 dan penjelasan yang tersedia pada teks, alat-alat yang perlu disediakan pada pembangkit listrik tenaga panas bumi untuk menghasilkan energi listrik?
Jawaban:
Pipa besi (mengalirkan uap dan air panas), separator, turbin, generator, kondenser, pompa, pengukur tekanan, menara pendingin, dan lain-lain.
Disclaimer:
1. Kunci jawaban pada unggahan Ohgreat tidak mutlak kebenarannya
2. Unggahan ini bisa Adik-adik gunakan sebagai salah satu acuan dalam mengerjakan soal bukan sebagai acuan utama
3. Jawaban pada unggahan Ohgreat mungkin akan berbeda dengan pembahasan di sekolah atau penunjang lain
*** Agar tidak ketinggalan update berita berita menarik dan Pembahasan Soal terbaru lainnya yang ada di ohgreat.id. Selanjutnya jangan lewatkan dan dapatkan Berita berita Update lainnya.***