Pertanyaan yang Ada di Benakmu Seputar Body Shaming.

OhGreat.id – Body shaming tindakan menilai/mengejek/menghina dengan mengomentari fisik (bentuk tubuh maupun ukuran tubuh) dan penampilan seseorang. Nah jadi bentuknya sering berupa komentar negatif terhadap fisik atau penampilan seseorang, entah itu di lakukan secara sadar ataupun tidak sadar (menganggap basa-basi, bercanda atau bahkan demi mencairkan suasana). Padahal, sebenarnya kebiasaan buruk ini gak baik dilakukan terus-terusan.

Perlu diingat bahwa, menghina seringkali berasal dari sikap superioritas dan agresi.

Sampai Mana Batasannya?
Penting nih, karena terkadang pelaku body shaming sering menganggap bahwa yang di lakukannya adalah bentuk candaan (serius kalau masih anggep body shaming becanda, fix lu gak lucu). Jadi bila ada orang yang tersinggung dan merasa tidak puas atau dirugikan karena suatu “candaan” fisik, meskipun pelakunya tidak bermaksud begitu, maka candaan  tersebut dianggap menghina dan tergolong melecehkan (body shaming).

Jadi batasan yang mesti kita ingat adalah, disaat kita mulai “memanfaatkan titik lemah seseorang” untuk kemudian mengejek, menyindir, dan menghinanya, ditambah bila orang yang kamu ejek sudah merasakan sakit hati, Itu berarti kamu telah melakukan body shaming.

Cara Menyikapi
Tenangkan dirimu terlebih dahulu, Dengan diri yang lebih tenang kamu tidak akan bertindak gegabah dalam menanggapi body shaming tersebut, misalnya: kamu akan tanpa sadar membalas mereka dengan ungkapan yang “berbau” body shaming pula.

Belajar untuk mencintai diri sendiri , jadi dengan mulai menumbuhkan mindset untuk menerima dan mencintai diri kita, apa yang kita lakukan semata-mata bentuk rasa syukur kita terhadap diri kita sendiri, bukan karna efek dari body shaming.

Ekspresikan apa yang kita rasakan , Nah kalau kamu menjadi korban, mulai lah untuk speak up. Ceritakan secara personal terhadap pelaku tentang apa yang kita rasakan ketika ia mengomentari tubuh kita. Dengan demikian, kita tidak hanya melindungi diri kita namun kita juga berkontribusi untuk menyuarakan bahwa “Body shaming is not OK”.

Keluar dari lingkungan pelaku body shaming, Jika kamu sudah berbicara dengan metode baik-baik tapi mereka masih tetap melakukan body shaming terhadap kamu. Sebaiknya, ambil keputusan untuk segera meninggalkan mereka, kamu tidak perlu berada di dalam lingkungan negatif. Yang ada, jika kamu tidak segera keluar dari lingkungan tersebut kamu akan semakin terpuruk akan diri kamu.

Kategori
Bentuk-bentuk body shaming juga banyak banget. Yang paling sering sih masalah ukuran tubuh, warna kulit, dan body appearance lain. Tak  lepas juga tentang komentar lainnya yang mengarah tentang fisik seseorang.

Bagaimana memberikan masukan mengenai penampilan orang lain tanpa menyinggung orang tsb?

Menyemangati dan memberikan dukungan dengan memberikannya informasi yang baik dan bersifat membangun kepercayaan dirinya.

-Melakukan komunikasi yang asertif

-Berempati

-Memberikan masukan/opsi yang berorientasi untuk kesehatan fisik dan psikis orang tersebut.

Sebab orang melakukan body shaming?

– Citra diri yang rendah

-Ketidakmampuan untuk berkomunikasi secara baik

-Trauma masa lalu

-Merasa memiliki kuasa lebih tinggi dalam sebuah relasi/hubungan.

Apakah pelaku body shaming bisa dipidanakan?
Bisa dong, Pasal 27 ayat 3 UU ITE bisa menjerat pelaku body shaming, karena pasal itu menyebutkan bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dapat dipidana paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750 juta.

Sementara itu, penghinaan terhadap citra tubuh dapat di kategorikan sebagai pasal penghinaan ringan yang termaktub dalam Pasal 315 KUHP.

Apakah laki-laki juga rentan menjadi korban body shaming?

Body Shaming bisa terjadi terhadap siapa pun.

Stop body shaming, spread love and support.

Bila bercanda gurau sampai mengomentari kekurangan fisik seseorang, apalagi menyakiti perasaan orang itu. Mending langsung stop deh! Karena itu sama sekali tidak lucu.

Yuk GreatMate kita lebih berempati dalam bersosialisasi. dan membangun hubungan relasi yang sehat.

(Visited 208 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *