Tren Positif Harga Minyak Sawit Mentah di Pertengahan 2019

OhGreat – Harga minyak kelapa sawit mentah kembali menguat di angka  MYR 2.088/ton. Penguatan ini tidak lepas dari harga minyak keledai yang juga meroket naik mendekati pertengahan tahun.

Dikutip dari rilisan CNBC Indonesia, Pada perdagangan hari Jumat (31/5/2019) pukul 10:00 WIB, harga CPO kontrak pengiriman Agustus di Bursa Malaysia Derivatives Exchange menguat 0,19% ke level MYR 2.088/ton.

Pergerakan harga minyak kedelai memang biasanya akan beriringan dengan minyak sawit. Pasalnya, kedua produk tersebut merupakan substitusi yang saling bersaing untuk mendapatkan bagian di pasar minyak nabati global.

Berdasarkan pantauan tiga surveyor kargo (Intertek Testing Services, Societe Generale de Surveillance, dan Amspec Agri Malaysia), ekspor minyak sawit Negeri Jiran periode 1-25 Mei 2019 naik pada kisaran 8,3%-15,6% dibanding periode yang sama bulan sebelumnya.

Selain itu, kurs ringgit Malaysia yang melemah terhadap mata uang utama lain juga membuat daya tarik CPO meningkat di mata pelaku pasar.

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *