Tekan Angka Pengangguran dengan Kelapa Sawit

OhGreat.id – Tidak banyak yang tahu bahwa geliat industri kelapa sawit bisa menekan angka pengangguran dalam negeri. Terutama di wilayah sekitar tempat dibukanya perkebunan tanaman tersebut.

Biasanya, pembukaan lahan sawit baru bisa menyerap angka tenaga kerja dari penduduk sekitar. Berdasarkan data yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dalam skala nasional, tenaga kerja yang diserap bisa mencapai jutaan.

“Penyerapan tenaga kerja di bidang pengelolaan kelapa sawit hingga 3,5 juta kepala keluarga (KK), yang dipekerjakan pada perkebunan dan pabrik kelapa sawit,” ujar Direktur Jendral Perkebunan Departemen Pertanian, Akmad Mangga Barani. 

Imbas lain dari diserapnya tenaga kerja pada suatu daerah adalah semakin membaiknya tingkat pembangunan di wilayah tersebut. Secara tidak langsung geliat ekonomi di wilayah sekitar tambang pun meningkat pesat.

Hal itu tidak terlepas dari produk olahan kelapa sawit yang terbilang krusial untuk kebutuhan pangan nasional. Mulai dari minyak goreng dan mentega. Selain dua bahan pangan tersebut, sawit juga bisa diolah menjadi sabun.

“perlu dilakukan antara lain, revitalisasi perkebunan, yakni percepatan pengembangan perkebunan rakyat melalui perluasan, peremajaan dan rehabilitasi tanaman perkebunan,” katanya melanjutkan.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *