Serikat Petani Kelapa Sawit Desak UE Perhatikan Kesejahteraan Petani

OhGreat.od – Petani kelapa sawit yang tergabung dalam Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), meminta dan merekomendasikan lima poin di Forum Deklarasi Amsterdam. Forum tersebut merupakan pertemuan rutin perdagangan sawit dunia.

Salah satu usulan yang dikemukakan adalah pemberdayaan petain serta penetapan harus membeli sawit Indonesia. Serta, pengembangan kelapa sawit harus mempertimbangkan faktor keberlangsungan dalam jangka waktu lama.

Sekjen SPKS, Mansuetus Darto, mengatakan pemberdayaan ini harus dimulai sedini mungkin, “Pemberdayaan petani sawit mestinya harus dimulai,” katanya seperti info yang diterima OhGreat dari InfoSawit.com

Faktor sustainability sejauh ini belum dirasakan betul oleh petani kecil. Selain itu, perbaikan harga jual juga masih menjadi masalah yang belum digarap serius. Pembeli harus secara terbuka kepada para petani kecil tentang keperluan pembelian mereka ke depannya.

“Petani seperti ini belum memperoleh sertifikat berkelanjutan karena mempertimbangkan ongkos yang mahal. Sehingga dibutuhkan dengan model dan pendekatan lain yang equal dengan prinsip-prinsip sawit berkelanjutan,” kata Darto.

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *