Kemesraan Masakan Indonesia Dengan Minyak Goreng

OhGreat.id – Kebutuhan masyarakat Indonesia akan minyak berbasis tanaman tidak dapat dipungkiri lagi besarannya. Salah satu yang paling poluper adalah minyak untuk kebutuhan pangan seperti minyak goreng. Lazimnya, minyak goreng berasal dari ekstrak kelapa wasit yang mengalami proses sedemikian rupa hingga dikemas dan didistribusikan ke toko.

Bagi masyarakat Indonesia, kebutuhan pangan jadi salah satu aspek penting. Minyak sayur, jadi salah satu bahan penting dalam proses memasaknya. Baik itu digoreng, tumis, atau hanya sebagai bahan pelengkap.

Sebut saja mulai dari penganan ringang seperti gorengan, hingga makanan berat seperti gulai, semuanya mengandung bahan tambahan minyak di dalamnya. Mayoritas minyak yang digunakan adalah crude palm oil atau minyak kelapa sawit.

Kebutuhan akan minyak kelapa sawit jadi salah satu elemen penting yang menopang khazanah kuliner Indonesia. Mulai dari ujung Aceh, hingga titik paling timur Papua, banyak makanan yang membutuhkan bahan dasar minyak kelapa sawit sebagai pelengkap.

Presentase konsumsi minyak goreng akan meningkat pada hari-hari besar keagamaan. Biasanya, masyarakat menggunakannya untuk keperluan memasak berbagai masakan untuk dinikmati bersama keluarga besar.

Berikut tiga makanan popular di Indonesia dengan bahan dasar minyak:

Gulai
Makanan berkuah santan ini jadi salah satu makanan dengan kandungan minyak tinggi. Biasanya, tokoh utama dari gulai adalah daging sapi. Namun, bisa divariasikan dengan bahan lain seperti daging kambing, ayam, kepala ikan kakap, udang, atau yang lain sesuai selera.

Kuah berminyak serta rasa yang gurih menjadi karakter utama dari makanan yang masuk ke dalam kategori main course ini. Bisa disajikan dengan nasi, atau pun ketupat dan dapat dinikmati di segala waktu mulai pagi, siang, dan malam.

reseptina.com

Salah satu titik penjual gulai paling populer terletak di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Mulai dari tikungan depan Ayam Bakar Ganthari, lurus ke arah Taman Ayodya, hingga perempatan La Maison, banyak ditemui penjaja gulai baik yang menjajakan dengan gerobak, atau dipikul.

Opor
Salah satu varian opor yang paling populer adalah opor ayam. Biasanya, makanan ini lumrah disajikan dengan ketupat ketika hari lebaran tiba. Namun, pada hari-hari biasa, opor juga bisa ditemui di rumah-rumah makan. Hampir sama seperti gulai, opor juga sarat kandungan minyak.

primarasa.co.id

Selain ayam, bahan lain yang digunakan untuk opor adalah daging sapi. Minyak goreng dibutuhkan untuk menubis bahan-bahan dasar seperti bawang dan cabai. Sebagaimana umumnya kuliner kuah nusantara, opor juga memiliki aroma rempah yang kuat.

Soto Betawi
Ada dua versi untuk soto betawi, berkuah santan, atau bening. Biasanya, soto betawi dengan kuah santan memiliki kandungan minyak yang lebih kuat dibanding versi beningnya. Biasanya berisikan daging sapi dan beragam jeroan.

eatingasia

Makanan satu ini lebih nikmat jika disajikan dalam kondisi hangat. Biasanya, masyarakat Jakarta menikmatii soto dengan nasi, ditambah penganan ringan seperti emping. Makanan jenis ini bisa ditemui pada hampir setiap titik di ibu kota.

foto ilustrasi: kumparan.com

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *