Ini yang Harus Diwaspadai Saat Naik Kapal ke Lampung

OhGreat.id – Sejak 2018, PT ASDP sebagai penyedia angkutan pelayaran membuka dermaga eksekutif di dua pelabuhan, Bakauheni dan Merak. Tujuannya adalah agar masyarakat bisa lebih mudah dan nyaman menggunakan transportasi laut.

Dari segi fasilitas, dermaga eksekutif didesain dengan model lebih mirip dengan mal. Sudah pasti kenyamanan dan keamanan lebih terjamin dibandingkan dengan dermaga ekonomi. Kesan eksklusif pun langsung terasa sejak pertama masuk terminal.

Sebagai catatan, tidak semua perusahaan bus berhenti di terminal eksekutif. Pada kunjungan pertama OhGreat dengan Primajasa, bus berhenti di terminal eksekutif. Namun, kedua kalinya dengan Murni Jaya, bus berhenti di terminal ekonomi. Untuk Pelabuhan Merak, dermaga eksekutif dan ekonomi terpisah agak jauh. Jadi, pastikan perhatikan titik berhenti jika ingin naik di salah satu dermaga.

Perbedaan lainnya adalah waktu tempuh kapal yang lebih singkat. Jika naik dari dermaga eksekutif, waktu tempuh penyebrangan hanya satu jam. Jauh lebih singkat dibandingkan berangkat dari terminal reguler yang bisa memakan waktu 3-4 jam.

Sesampainya di Terminal Eksekutif Bakauheni, penumpang langsung dijemput bus. Ada bus yang langsung mengantarkan penumpang ke Terminal Rajabasa, Bandar Lampung, ada pula bus shuttle yang hanya berpindah antarterminal.

Tim OhGreat harus menuju terminal reguler untuk menemui penjemput di sana. Sesampainya di terminal reguler, belasan orang langsung mengerubungi untuk menawarkan jasa pengantaran. Bahkan, tak sedikit dengan cara memaksa. Bahkan, penjemput OhGreat tetap ditempel hingga ke mobil untuk dimintai jatah karena dianggap mengambil lahan penghasilan.

Sementara suasana di pintu keluar terminal kedatangan dermaga eksekutif lebih lengang. Tidak ada kerumunan orang yang menawarkan jasa antar dengan paksa.

Sebagai catatan, pastikan Anda sudah tahu tujuan sesampainya di terminal reguler Bakauheni. Lebih bagus memang jika sudah punya kenalan yang datang menjemput. Tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal tidak dinginkan. Berkaca dari perlakuan kurang nyaman yang ditunjukkan para calo atau entah apa namanya itu.

Lampung memiliki sejumlah pilihan destinasi wisata. Mulai Bandar Lampung, Way Kambas, Pahawang, dan Teluk Kiluan. Tergantung selera wisata Anda.

(Visited 10 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *