GreatInspirator: Kiat Sukses Dunia Bisnis ala Yovita Hamdani

OhGreat.id – Tidak mudah untuk mencapai kesuksesan di satu bidang. Namun bagi Yovita Hamdani, tidak hanya kesuksesan di satu bidang saja yang diraih. Wanita asal Tasikmalaya ini berhasil membangun bisnis lintas bidang mulai dari asuransi hingga industri pelayanan tempat tinggal.

Tim OhGreat berkesempatan langsung menemui wanita tangguh ini di salah satu hotel berbintang miliknya di kawasan Senayan. Kesan hangat dan ramah langsung terasa sejak sapaan pertama. Jauh dari kesan eksklusif yang biasanya ada dalam diri seorang pengusaha sukses.

“Halo, silakan duduk,” itu kalimat pertama yang meluncur darinya. Sebelum bercengkrama lebih lanjut mengenai perjalanan bisnisnya. “Anak muda sekarang memang dinamis. Gak suka kalau dikekang dan lebih bebas berekspresi. Termasuk soal pekerjaan,” komentarnya soal karakter millennials.

Obrolan pun berlanjut ke cerita perjalanan bisnisnya. Krisis ekonomi yang melanda kawasan Asia pada 1997 berdampak pula pada karier Yovita. Ia yang saat itu baru menyelesaikan pendidikan sarjana di salah satu universitas di Jakarta, dihadapkan dengan pilihan kerja yang sedikit.

Penyebabnya apa lagi kalau bukan dari PHK besar-besaran yang dilakukan banyak perusahaan. Bahkan, tidak sedikit badan-badan besar yang gulung tikar akibat kesulitan ekonomi yang menghimpit. “Krismon, krisis moneter. Bikin papa pusing kepala,” begitulah penggalan lagu dari Cindy Cenora.

Bagi Yovita muda, baru lulus kuliah dan dihadapkan dengan situasi ekonomi sulit membuatnya harus memutar otak. Akhirnya, ia memutuskan pulang ke kampung halamannya untuk membantu usaha orang tua.

Namun, tidak berlangsung lama karena dirinya penasaran dengan Jakarta. Yovita pun dengan mantap memutuskan kembali ke ibu kota dan memulai karier sebagai agen asuransi.

“Waktu itu masih 1999 awal, saya datang ke Jakarta dengan modal nekat. Tidak punya apa-apa, saya ngekos sama adik waktu itu. Memang tidak mudah, apalagi harus meyakinkan orang tua karena mereka menganggap pendapatan tidak stabil,” kata Yovita.

Seiring berjalannya waktu, Yovita mulai mendobrak zona nyaman. Ia harus menghadapi orang-orang baru yang termasuk hal baru baginya. “Dulu mau kasih kartu nama ke orang saja takutnya setengah mati,” ceritanya.

Dukungan dari orang-orang terdekat diakuinya sangat penting untuk menguatkan diri. Terutama sang suami yang tidak pernah lelah untuk menguatkan. Hingga kini dua anaknya tumbuh besar, Yovita tetap gigih meski tanggung jawabnya lebih besar dari sebelumnya.

“Intinya kita harus pintar-pintar mendelegasikan tugas ke orang-orang terdekat. Harus sadar bahwa tidak bisa kita tangani sendiri semuanya. Belajar percaya kepada orang terdekat untuk mengerjakan sesuatu. Dengan begitu tenaga kita juga lebih bisa dihemat,” katanya.

“Keinginan dan tekad kuat juga jadi kunci saya selama menekuni jalan bisnis ini. Banyak dari teman-teman seangkatan yang kini sudah menyerah dan banting setir mencari usaha lain. Momentum tidak datang dua kali, tidak pula bisa ditunggu. Kita yang harus menciptakan momentum itu,” tutur Yovita.

Kegigihan serta kerja kerasnya selama belasan tahun membuatnya yakin untuk mendirikan perusahaan brokerasuransi sendiri. Pada 2012, terbentuklah PT JETS Indonesia. Selang empat tahun, ia meluncurkan pasarasuransi.co.id, yang merupakan portal asuransi terkemuka di Indonesia.

Berbekal hobi traveling, Yovita juga terinspirasi membuka bisnis hospitality dengan Casa Living. Sebuah hotel sekaligus café yang menunjang gaya hidup generasi millennial Jakarta. Casa Living pertama ia buka pada 2016 di Setiabudi, Jakarta Selatan. Menyambut Asian Games 2018, Casa Living kedua pun diluncurkan di bilangan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

(Visited 8 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *