Dimana Saja Sih Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia?

OhGreat – Siapa yang tak mengenal kopi? Minuman berwarna hitam yang terasa pahit dan bisa membuat mata melek semalaman. Mau diminum dengan ataupun tanpa susu dan gula, kopi menjadi salah satu minuman yang digemari oleh seluruh umat manusia.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia. Pesona kopi Indonesia sudah tersebar hingga ke mancanegara. Bahkan, tak sedikit coffee shop multinasional yang menyuplai kopinya dari Indonesia loh!

Nah, meskipun dikenal sebagai salah satu penyuplai terbesar di seluruh dunia, tak semua daerah di Indonesia bisa menghasilkan kopi-kopi yang wuenak. Berikut ohgreat.id sudah merangkum 5 daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia:

1. ACEH

Aceh merupakan salah satu derah dengan budaya ngopiyang cukup kentalJika GreatMate berkunjung ke Aceh, jangan heran kalau banyak warung kopi yang bertebaran di mana-mana. 

Kopi yang menjadi andalan provinsi Nanggroe Aceh Darussalam apalagi kalau bukan Gayo. Rasanya yang spicy serta body yang cukup tebal membuat kopi Gayo menjadi favorit dari banyak orang. Baik robusta ataupun arabika.

Kopi Gayo sendiri memiliki beberapa varian yang biasa diekspor ke luar Aceh. Salah satu yang paling dikenal oleh masyarakat luas adalah Gayo Wine. Rasanya yang mirip wine membuat kopi ini memiliki harga yang cukup mahal di kalangan para pecinta kopi.

2. JAWA BARAT

Hah? Jawa Barat? Enggak salah nih? Enggak dong. Dalam beberapa tahun terakhir, Jawa Barat sudah mulai menggalakkan industri kopinya. Kalau GreatMate gak percaya, coba aja mampir ke daerah Ciwidey atau Pengalengan. Disitu ada cukup banyak kebun kopi.

Selain Ciwidey dan Pengalengan, kebun kopi di Jawa Barat juga bisa ditemui di wilayah Sukabumi, Kuningan, Garut, bahkan Bogor. Kopi asal Jawa Barat dikenal memiliki rasa yang cukup manis dengan body yang tidak terlalu tebal gengs.

Kalau disuruh milih mana kopi Jawa Barat yang paling enak, saya akan memilih Gunung Halu. Saking enaknya itu kopi, saya sampai gak bisa menggambarkannya dengan kata-kata! GreatMate harus cobain!

3. JAWA TIMUR

Selain di bumi Parahyangan, pulau Jawa juga memiliki daerah lain yang punya kopi-kopi enak. Tepatnya di daerah Jawa Timur. Khususnya yang tumbuh di wilayah Pegunungan Ijen.

Salah satu kopi Jawa Timur yang cukup dikenal adalah Ijen Raung. Bagaimana tidak. Kombinasi antara rasa rempah-rempah yang sedikit asam yang dibalut dengan aroma jahe berhasil membuat banyak lidah para pecinta kopi meleleh.

Untuk saya pribadi, kopi Jawa Timur terbaik yang pernah saya rasakan bernama Java Blue Mountain. Salah satu faktor yang membuat saya jatuh cinta terhadap kopi ini adalah, rasanya yang tidak terlalu asam dan body yang tidak terlalu tebal. Apalagi kalau diseduh dengan metode V60. Maknyus!

4. PAPUA

Tak hanya di wilayah Indonesia Barat, Indonesia Timur juga memiliki kopi yang menjadi primadona di seluruh dunia. Kopi ini berasal dari wilayah Wamena, Papua.

Kopi Papua dikenal dengan body yang cukup tebal dan memiliki sedikit rasa gula aren ketika dinikmati. Tapi GreatMate jangan heran kalau melihat Kopi Papua dibalut dengan harga yang cukup mahal.

Kopi Papua dihargai cukup mahal karena proses panennya yang cukup menantang. Ketika sudah siap untuk dipanen, maka para petani akan mempekerjakan belasan ibu-ibu yang tinggal di wilayah sekitar untuk memetik biji kopi. Hal paling menantang adalah, perkebunan kopi yang berada di tengah hutan. Selain itu, biaya pengiriman dari Papua ke Jakarta atau ke kota-kota besar lainnya juga mahal lho.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *