4 Jurusan yang Paling Banyak Diminati di UNJ, Ada yang Jadi Pilihan Kamu?

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) membuka penerimaan mahasiswa baru program sarjana melalui sejumlah jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, Mandiri Ujian Tulis, Mandiri Prestasi menyambut tahun ajaran baru 2020/2021.

UNJ merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berdiri di Jakarta pada 16 Mei 1964 dan menjadi salah satu PTN unggulan di ibu kota. Pada tahun ajaran baru ini, jurusan mana yang kira-kira paling banyak diminati calon mahasiwa baru?

Menurut Prof. Dr. Suyono, M.Si selaku wakil rektor I bidang Akademik, sejumlah jurusan pada tahun ajaran baru ini memang diminati banyak calon mahasiswa. Di
antaranya jurusan Akuntasi, Ilmu Komunikasi sampai Pendidikan Guru SD (PGSD).

“Yang paling banyak diminati adalah Ekonomi, Akuntasi, Psikologi, dan Ilmu Komunikasi yang banyak diminati,” ucap Prof. Dr. Suyono, M.Si di acara media gathering, Jumat (28/11/2020) yang berlangsung di Gedung Aula Latif Hadiningrat, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Untuk jurusan Akuntansi di tahun ajaran 2020-21 terdapat pendaftar sebanyak 1231, dengan kuota 20 dan memiliki keketatan 1:62. Sedangkan untuk jurusan Ilmu komunikasi terdapat pendaftar sebanyak 1505 dengan kuota 20 dan memiliki keketatan 1:75.

Di posisi ketiga jurusan yang paling banyak diminati adalah manajemen dengan pendaftar sebanyak 2150 dengan kuota 20 dan memiliki keketatan 1:108. Di posisi keempat jurusan paling banyak peminatnya adalah PGSD, pendaftar 1360, kuota 66, keketatan 1:21.

Untuk terus menjadi universitas terbaik di Indonesia, UNJ tiap tahunnya memang melakukan transformasi ke arah yang lebih baik. Di tahun ini, UNJ menggagas tema, “Dari Rawamangun untuk Indonesia dan Dunia”

“Secara sosio-historis Rawamangun memiliki sejarah panjang dan penting dari dahulu hingga hari. Peletakan prasasti Daksinapati oleh Bung Karno pada tanggal 15 September 1953, bahwa Rawamangun merupakan city of intellect, Kota Mahasiswa Djakarta, merupakan salah satu penanda dari kompleksitas sejarah Rawamangun.” kata Dr. Komarudin, M.Si kepada awak media.

Dari rekonstruksi atas jejak sosio historis Rawamangun terdapat lima subject matter yang menjadi bingkai Mazhab UNJ yaitu: (1) Ekologi; (2) Kebudayaan; (3) Pendidikan; (4) Sastra; dan (5) Olahraga dan Kesehatan.

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *