4 Cara Jitu Mengatur Keuangan untuk Generasi Millennial

OhGreat.id – Generasi Milennials dikenal sebagai generasi yang melek teknologi, cepat belajar, dan memiliki gaya hidup dinamis. Sayangnya, ada yang paham soal edukasi finansial dan ada yang tidak. Padahal seiring dengan berjalannya waktu, akan ada banyak hal yang perlu diwujudkan. Sehingga penting bagi kaum muda saat ini mempelajari pengaturan finansial yang tepat.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan para millennial untuk bisa mempersiapkan keuangan di masa depan yang lebih baik, diantaranya:

Buat Perencanaan Keuangan Bulanan
Sering mengalami gaji habis sementara masih di pertengahan bulan artinya tidak memiliki rencana keuangan yang baik. Solusinya, harus membuat rencana keuangan sebelum gajian tiba dengan formula 50-30-20 pada penghasilan bulananmu.

Perhitungannya, 50 persen untuk kebutuhan mendasar, 30 persen untuk kebutuhan hiburan, dan 20 persen untuk kebutuhan investasi dan tabungan.

Kontrol Gaya Hidup
Sering dialami oleh generasi millenial yang lebih memilih membeli barang bermerek, makan di restoran keren, atau hanya sekadar ngopi di tempat mahal.

Jika memiliki gaji yang mumpuni, mungkin ini tidaklah bermasalah. Sayangnya, selain gaji terbilang kecil, namun gaya hidup yang tidak bisa mengimbangi. Agar tidak kebobolan, sebaiknya mengontrol gaya hidup sesuaikan dengan isi kantong.

Batasi Pengeluaran Sesuai Kebutuhan
Cegah keborosan dengan membatasi pengeluaran. Tentukan dana di setiap pos-pos pengeluaran dan disesuaikan dengan kebutuhan saja. Hal ini cukup ampuh dilakukan untuk mencegahmu membeli hal-hal yang tidak penting.

Manfaatkan Aplikasi Pengatur Keuangan
Tidak sedikit pula dari generasi millenial yang sudah mengatur keuangan namun tidak mencatat transaksi pengeluaran. Akibatnya, di pertengahan bulan dana pun sudah menipis tanpa mengetahui kemana saja uang tersebut digunakan. Hal ini tidak akan terjadi jika dilakukan pencatatan, atau ada banyak aplikasi yang bisa diunduh secara gratis untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan.

foto: thejakartapost.com

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *